PROPOSAL
USAHA
“ORANGE’S CUPCAKE”
Dosen
Pembimbing:
TITI
AYEM LEASTARI
Disusun
Oleh:
IRA
RIMELFI (23215417)
KELAS
1EB04
FAKULTAS
EKONOMI
JURUSAN
AKUNTANSI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2015
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur saya ucapkan kepada Allah SWT, karena berkat rahmat-Nyalah saya dapat
menyelesaikan proposal usaha yang berjudul ORANGE’S
CUPCAKE ini dengan baik dan tepat
waktu. Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk
memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah Pengantar
Bisnis.
Saya menyadari bahwa penyusunan proposal usaha ini masih
banyak kekurangan. Untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran dari pembaca.
Saya berharap semoga proposal usaha ini dapat berguna bagi saya dan para
pembaca. Dan semoga dengan adanya proposal usaha ini saya dapat mengembangkan
dan mensukseskan serta merealisasikan tujuan dari proposal ini.
Depok,
15 Oktober 2015
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Cupcake adalah jenis makanan yang
merupakan hasil olahan dari tepung terigu. Masyarakat sudah tidak asing
lagi dengan produk cupcake karena sudah terbiasa mengkonsumsi kue sebagai
alternative makanan untuk menunda ataupun mengenyangkan perut ketika lapar. Cupcake
banyak digemari oleh semua kalangan terutama kaum muda. Lebih lagi ketika
seseorang tidak memiliki waktu untuk sarapan pagi maka akan memilih jajanan
alternative ini karena kandungan karbohidrat didalamnya nya yang mampu
memberikan tenaga dan mampu mengenyangkan.
Keunikan Produk yang kami tawarkan adalah produk dari segi bahan dasarnya yaitu nangka dan durian dibuat dengan tepung terigu berkualitas tinggi yang mudah di dapatkan. Selain itu usaha cupcake ini ketika nantinya sudah berkembang maka akan diadakan inovasi unggulan yaitu dengan adanya rasa yang berbeda-beda. Misalnya adanya rasa yang coklat,strawberry, vanilla serta rasa keju. Keunggulan tersebut akan dimulai setelah melihat pangsa pasar nanti yang akan dijalankan. Jika aneka rasa tersebut dapat dijalankan maka lebih dapat menarik minat dari konsumen sehingga mulailah tumbuh kreativitas dan inovasi dalam usaha ini sehingga konsumen tidak mengalami kejenuhan.
Keunikan Produk yang kami tawarkan adalah produk dari segi bahan dasarnya yaitu nangka dan durian dibuat dengan tepung terigu berkualitas tinggi yang mudah di dapatkan. Selain itu usaha cupcake ini ketika nantinya sudah berkembang maka akan diadakan inovasi unggulan yaitu dengan adanya rasa yang berbeda-beda. Misalnya adanya rasa yang coklat,strawberry, vanilla serta rasa keju. Keunggulan tersebut akan dimulai setelah melihat pangsa pasar nanti yang akan dijalankan. Jika aneka rasa tersebut dapat dijalankan maka lebih dapat menarik minat dari konsumen sehingga mulailah tumbuh kreativitas dan inovasi dalam usaha ini sehingga konsumen tidak mengalami kejenuhan.
Tempat yang mendukung dalam usaha ini juga dapat mempengaruhi eksistensi dari usaha yang akan dibangun. Oleh karena itu,tempat penjualan yang dicari yaitu lokasi yang banyak dilewati oleh mahasiswa dan dekat dengan jalan raya. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudahkan mahasiswa untuk melihat adanya usaha ini sehingga baik masyarakat ataupun mahasiswa dapat ikut serta menjadi konsumen. Inilah yang melatar belakangi berdirinya sebuah Toko Kue bernama Orange’S Cupcake.
B.
Visi
Ø Memberikan style baru produk cupcake
untuk memuaskan para konsumen.
Ø Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
Ø Menjadi
salah satu usaha kuliner tersukses.
C. Misi
Ø Terus
berinovasi dalam menciptakan menu cup cake dengan bentuk-bentuk yang unik dan
menarik.
Ø Menciptakan
bentuk-bentuk dan ide-ide kreatif sebagai penarik minat para pembeli.
Ø Memberikan pelayanan
yang baik dan ramah dalam upaya menarik pembeli.
Ø Menjual
produk dengan harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas dan rasa yg memukau.
D. Tujuan
Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan
dari buah nangka dan tepung terigu menjadi produk makanan yang bervariasi yang
dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai salah satu makanan alternatif
pengganti cemilan yang mengandung karbohidrat yang enak dan bergizi.
BAB II
RINGKASAN BISNIS
A.
Profil Usaha
Data Usaha:
Nama Usaha : Orange’S
Cupcake
Bidang Usaha : Produksi dan Perdagangan
Makanan Ringan
Jenis Usaha : Kuliner
Alamat Usaha : Jalan
Margonda Raya No.95, Depok
Data
Pemilik:
Nama
Pemilik : Ira
Rimelfi
Tempat
tanggal lahir : Batusangkar,21
Oktober 1996
Alamat
Rumah : Jalan Kober No.15,
Depok
Nomor
Telephone : 081261409143
B.
Gambaran Awal Usaha
Usaha ini merupakan usaha saya yang pertama. Saya memutuskan untuk mengurus
dan melayani pelanggan bersama pegawai. Dana awal saya dapatkan dari investasi saya
dalam mendirikan usaha ini. Selanjutnya saya akan menyewa tempat sebagai lokasi
usaha saya dan membuat surat izin usahanya.
BAB III
PRODUK
A.
Gambaran Produk
Cupcake ini memiliki berbagai keistimewaan, karena dapat disajikan
dengan berbagai rasa. Tidak hanya satu rasa yang biasa terdapat di banyak kue
lainnya. Dengan menggunakan cupcake berbagai rasa yang berbeda dengan desain
yang bermacam-macam, maka para konsumen dapat menemukan rasa yang mereka
kehendaki. Cupcake sangat praktis, karena cukup dikemas dalam wadah kotak atau
plastik mika, tidak perlu memotong-motong kue lagi.
B.
Strategi Harga
Strategi
harga kami lakukan berdasarkan survey pasar dari kisaran harga cupcake pada
umumnya. Dapat menyesuaikan tujuan pasar dan tetap bersaing tentunya. Hal ini
bertujuan agar produk kami dapat diterima oleh kalangan umum.
C.
Gambaran Penjualan dan Promosi
Kami akan menjaring relasi dari beberapa
pemilik atau agen kue pada beberapa pasar yang berada tidak jauh dari tempat
pengolahan seperti pasar-pasar yang berada di wilayah perkotaan dan
supermarket- supermarket dan minimarket – minimarket . Untuk mendukung usaha
kami ini, akan dibuat brosur-brosur yang akan disebarkan di sekolah ataupun
kampus-kampus yang ada di Depok. Dengan adanya dan kerja sama tersebut
diatas diharapkan akan menciptakan hasil yang memuaskan yang dapat memberikan
manfaat terhadap pembuat dan semua yang ikut terlibat di dalamnya.
Media
promosi yang kami gunakan antara lain:
Ø Informasi dari mulut ke
mulut.
Ø Jejaring sosial seperti
facebook, blog, dan twitter.
Ø Menyediakan brosur yang
berisi gambar-gambar tentang detail dari jenis-jenis salakka cupcake kami serta
membuat pamflet
D.
Keunggulan
Dibanding
dengan produk cupcake lain, keunggulan produk cupcake kami adalah:
Ø Menggunakan bahan-bahan
yang alami yang dekat dengan masyarakat
Ø Memiliki berbagai macam
rasa yang dapat dinikmati oleh semua selera.
Ø Membuka lapangan kerja bagi
masyarakat setempat dan mahasiswa yang berminat untuk menjadi reseller dari
produk kami.
E.
Lokasi
Tempat
produksi kami berlokasi di daerah Depok yang mudah dijangkau dengan kendaraan
maupun transportasi umum,berada di pinggir jalan yang strategis sehingga dapat
dikenalkan kepadda setiap yang melewati jalan tersebut untuk sekedar membaca
nama produk kami.
F.
Jenis-jenis Produk Usaha
Orange’s cupcake terdiri dari single cupcake dan
double cupcake, diantaranya :
Ø Orange’s cupcake original
Ø Orange’s cupcake rasa
strawberry
Ø Orange’s cupcake rasa
vanilla
Ø Orange’s cupcake rasa
coklat
Ø Sweet Orange’s cupcake
Ø Orange’s cupcake rasa jahe
G.
Harga
Harga
akan bervarisi tergantung dari jenis nya apakah single atau double. Kalau yang
single cupcake harga Rp. 8000 jika yang double cupcake harganya Rp. 15.000
H.
Target
Target dari program usaha kami selama 1 tahun
adalah berhasil menjual cupcake sebanyak 4800 dan keuntungan sebesar 65 %
BAB IV
ANALISIS SWOT
1.
Strength
Potensi
lain yang dimiliki oleh usaha ini belum adanya persaingan terhadap jenis produk
yang dihasilkan. Kalaupun ada, belum pernah ada di Depok. cupcake dari bahan
dasar buah salak masih jarang sehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk
menjadi usaha yang cukup besar.
2.
Weakness
Banyak
persaingan cupcake yang berasal dari dalam dan luar negeri , seperti bread
talk, parsley dll.
3.
Opportunity
Ide usaha
kami menarik, dengan begitu kami berharap masyarakat kota Depok mendukung
berkembangnya usaha kami. Jumlah pelajar/ mahasiswa yang menuntut ilmu di kota
Depok juga cukup banyak khususnya di kawasan Universitas Indonesia dan
Universitas Gunadarma, dan inilah juga yang menjadi sasaran target utama kami.
4.
Threat
Ancaman
yang mungkin terjadi adalah jika cupcake tidak segera laku terjual dan basi.
BAB
V
Analisa
Keuangan
Penentuan harga pokok
penjualan
Jenis Produk
|
Banyak Produk
|
Biaya Pokok
|
HPP
|
Untuk produksi per Minggu:
Tepung
Terigu
Baking
Powder
Garam
Gula
Pasir
Amoniak
Kue
Minyak
Goreng
Wijen
Coklat
|
12,5
kg
150
gram
5
bungkus
2,5
kg
100
gram
3
liter
5
bungkus
10
bungkus
|
12.000
10.000
5000
12.000
5.000
11.000
5.000
20.000
|
150.000
x 4 = 450.000
15.000
x 4 = 60.000
25000
x 4 = 100.000
25.000
x 4 = 100.000
50.000
x 4 = 200.000
33.000
x 4 = 132.000
25.000
x 4 = 100.000
200.000
x 4 = 800.000
|
Total HPP per bulan
|
Rp 1.842.000
|
Target pendapatan selama 1
bulan
Jenis produk
|
Produk terjual
|
Harga jual
|
Pendapatan
|
Biaya produksi
|
Keuntungan
|
Cupcake Coklat
Cupcake
Keju
Cupcake
Strawberry
Cupcake
Original
|
100
100
100
100
|
@ 8000
@
8000
@
8000
@8000
|
800.000
800.000
800.000
800.000
|
Rp 1.842.000
|
|
Total
|
Rp 3.200.000
|
Rp 1.842.000
|
Rp 1.158.000
|
·
Bila
diasumsikan penjualan 1 tahun konstan, maka:
Pendapatan yang akan
dicapai Rp 6.000.000 x 12 = Rp
72.000.000
Dan dengan biaya produksi
Rp
1.842.000 x 12 = Rp 22.104.000
Maka laba kotor yang akan
dicapai dalam 1 tahun
Rp 72.000.000 – Rp 22.104.000
= Rp 49.896.000
Total kebutuhan modal kerja
Investasi awal usaha
Jenis investasi
|
Harga (Rp)
|
Biaya perlengkapan
|
|
Kompor
|
Rp 15.000.000
|
Wajan
|
Rp 1.000.000
|
Alat
Penggorengan & Pisau
|
Rp.558.000
|
Baskom & Talenan
|
Rp 150.000
|
Kulkas
|
Rp.5.000.000
|
Oven
|
Rp 10.000.000
|
Kotak Kue
|
Rp 750.000
|
Sewa tempat per bulan
|
Rp 10.000.000
|
Gaji
Karyawan
|
Rp.
5.700.000
|
Total investasi
|
Rp 47.950.000
|
Pengeluaran modal kerja
Jenis pengeluaran
|
Jumlah (Rp)
|
Investasi awal
|
Rp 3.370.000
|
Kebutuhan modal kerja pertama
|
Rp 22.104.000
|
Biaya tak terduga
-Operasional
per bulan
-Listrik
& air
-Survei
(lokasi dan barang)
|
Rp
200.000
Rp
300.000
Rp
200.000
|
Total kebutuhan modal kerja
|
Rp 26.174.000
|
RANCANGAN BIAYA
Jenis produk
|
Banyak produksi
|
Biaya pokok
|
Total biaya
|
Kompor
Wajan
Alat
Penggorengan
Baskom
Talenan
Pisau
Kotak
Kue
Toko
Oven
Kulkas
Gaji Karyawan
Untuk
produksi per Minggu:
Tepung
Terigu
Baking
Powder
Garam
Gula
Pasir
Amoniak
Kue
Minyak
Goreng
Wijen
Coklat
Modal
kerja utama
Operasional
survey
|
2
2
2
2
2
4
7,5
pack
1
2
1
3
12,5
kg
150
gram
5
bungkus
2,5
kg
100
gram
3
liter
5
bungkus
10
bungkus
|
7.500.000
500.000
250.000
50.000
25.000
14.500
100.000
10.000.000
5.000.00
5.000.000
1.900.000
12.000
10.000
5000
10.000
5.000
11.000
5.000
20.000
|
15.000.000
1.000.000
500.000
100.000
50.000
58.000
750.000
10.000.000
10.000.000
5000.0000
5.700.000
150.000
x 4 = 450.000
15.000
x 4 = 60.000
25000
x 4 = 100.000
25.000
x 4 = 100.000
50.000
x 4 = 200.000
33.000
x 4 = 132.000
25.000
x 4 = 100.000
200.000
x 4 = 800.000
|
Total
|
Rp 50.000.000
|
Jadi, rancangan anggaran
biaya yang akan diusulkan adalah = Rp 50.000.000
BAB
VI
PENUTUP
Kami
berharap usaha yang ingin bangun/ jalankan mendapatkan respon positif dari
masyarakat sekitar. Kami berharap usaha ini bisa berkembang lebih maju
kedepannya dengan terus berinovasi dalam hal cita rasa yang sesuai dengan
keinginan masyarakat. Dan tentunya,harga yang pas dikantong, khususnya bagi
mahasiswa.
Terimakasih
atas kerja samanya.
Hormat
Kami,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar